zona bebas sisir

selamat datang dalam rimba rambut..
tanpa illegal loging..
aman dan nyaman..

hahahaha..

Foto saya
dari tempat tertinggi selalu mengamati.. waspadalah...

Rabu, 30 Maret 2011

punyax om-om hitam

tak..dung..dung..slep..dung..dung..slep...
klu sore2 di ukm seni, pasti ada miy lagi yang pukul-pukul itu alat. biasanya orang bilang jimbe, tpi klu penulisannya itu djembe (saya saja tau..). berasal dari negaranya om-om kulit hitam yang di depannya rumahnya ada singa, jerapah, gajah, dll (tpi nda ada kutu yang tampan kayak saya). djembe merupakan alat musik tabuh yang dmainkan dengan cara dijilat-jilat dipukul pake tangan. menurut legenda kuno yang pernah na dengar nenek moyangku, klu dulu itu djembe dibuat dari kulit salah satu tokoh dongeng “gebraffe”, yang merupakan gabungan dari seekor jerapah dan seekor zebra. Berbentuk seperti sebuah gelas piala, Djembe terbuat dari kayu dan secara khas dilapisi dengan kulit kambing. Orang Bamana dari Mali, Afrika Barat menamakannya berdasarkan ucapan “Anke dje, anke be”, yang secara kesusastraan berarti“Setiap orang berkumpul bersama” dan mendefinisikan tujuan dari drum.

Hubungan spiritual djembe
Menurut kepercayaan spiritual di kampungnya itu om-om, djembe mempunyai 3 roh didalamnya. Yang pertama adalah roh dari kayu atau pohon yang menggambarkan kekuatan,ketegasan,penopang dan pelindung. Yang kedua adalah roh dari hewan atau kulit yang menggambarkan kemakmuran dan kesejahteraan. Dan yang terakhir adalah roh pembuat djembe itu sendiri yang menggambarkan semangat dari sang pembuatnya. Pada sebagian suku di afrika djembe telah menjadi alat terpenting dalam upacara keagamaan, salah satu alat pengiring dalam hubungan manusia dengan Tuhan.

tpi perlu mungkin untuk diperhatikan manusia bahwa klu makin banyak djembe dibuat maka akan semakin mempekecil habitat kami para kutu. dmana miy mau tinggal sodara-sodari ku para kutu dari berbagai negara klu tempat tinggalnya digunduli (curhat ka ini..)

ini gambarnya klu masih bingung..


demikian untuk berita kali ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar